Eksotisme Xian, Kota Umat Muslim di Cina

Rabu, 10 July 2013   Tags: eksotisme, xian, kota, umat muslim cina   Views: 911


Bagi umat muslim, salah satu kendala berpariwisata ke negara yang mayoritas penduduknya nonmuslim adalah mencari makanan yang halal. Tak jarang para wisatawan harus membawa bekal sendiri atau malah hanya memakan makanan instan selama berlibur.
 
Hal ini membuat para wisatawan muslim lebih memilih untuk berwisata mengunjungi tempat-tempat memiliki penduduk muslim. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi para wisatawan muslim yaitu Cina.
 
Ada banyak tempat yang dapat dikunjungi selama wisatawan muslim di Cina misalnya saja temboknya yang sudah terkenal seantero dunia.


 
Selain temboknya, Cina bjuga terkenal dengan kebudayaannya, maka tak heran, bila tujuan wisatawan kesana adalah untuk mengetahui sejarah dan budaya Cina. Cina juga terkenal dengan klinik pengobatan tradisionalnya.
 
Di Cina ada banyak balai pengobatan layaknya klinik Tong Fang yang dapat dijadikan wisata kesehatan. Terlepas dari budaya atau wisata kesehatannya, ada satu kota yang paling sering dikunjung wisatawan muslim di Cina yaitu kota Xian.
 
Kota Xian Kota tua nan eksotis yang juga kaya akan sejarah. Bagi para wisatawan muslim yang berkunjung ke Cina memang tak lengkap rasanya bila tak kekota Xian. Soalnya, dikota ini lah sejarah muslim tertua tercatat. Konon ceritanya, Kota Xian adalah kota pertama Islam dimulai setelah Arab.
 
Awal berkunjung kekota Xian para wisatawan biasanya langsung melihat 2000 patung tembikar prajurit beserta kuda perangnya.
 
Untuk berwisata ke kota ini, para pengunjung akan lebih santai bila berjalan kaki, selain dapat melihat-lihat bangunan lama yang masih berdiri, para wisatawan juga dapat membeli pernak-pernik di toko-toko souvenir Xian.


 
Ada banyak toko souvenir di Xian, mengingat banyaknya pengunjung yang datang setiap hari kekota ini. Pernak-pernik yang dijual di toko-toko souvenir itu meliputi: barang antik, kaligrafi, lukisan, hingga aneka busana.
 
Bila sudah lelah berjalan, para wisatawan muslim dapat beristirahat di resto-resto di kota Xian. Bila di negara lain wisatawan muslim was-was untuk makan, di kota ini para wisatawan dapat bebas memilih menu makanan.
 
Tentu saja, soalnya kota Xian juga disebut sebagai ‘Surganya kuliner Muslim Cina’. Salah satu jenis makanan halal yang paling terkenal di kota ini adalah Roupaomo sejenis bakmi daging kambing yang berisi suun, daging kambing, dan adonan bakmi yang dipotong kotak-kotak. Selain Roupaomo, di kota ini juga tersedia makanan ala timur tengah seperti Roti Cane ataupun Kare.
comments powered by Disqus