Antisipasi Zika, Jamaah Diimbau Gunakan Lotion Antinyamuk

Minggu, 04 September 2016   Tags: Antisipasi Zika, Jamaah, Lotion Antinyamuk   Views: 580
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Buhanul Islam mengingatkan jamaah calon haji untuk menggunakan "lotion" antinyamuk sebagai upaya antisipasi virus zika.
 


"Viruz zika yang ditularkan melalui nyamuk 'aedes aegypti' perlu diwaspadi karena dapat membahayakan kesehatan jamaah," katanya di sela pelepasan jamaah calon haji Kota Mataram kloter 10 yang merupakan kloter terakhir Embarkasi Lombok di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu.
 
Penggunaan "lotion" antinyamuk sudah ditekankan juga kepada para petugas kloter dan ketua regu, agar mereka tidak jenuh memberikan arahan serta imbauan kepada jamaah.
 
Selain mengingatkan jamaah untuk menggunakan lotion antinyamuk, pihaknya juga tidak lupa meminta jamaah agar tetap menggunakan masker sebagai upaya antisipasi saat berinteraksi dengan jamaah-jamaah dari luar daerah.
 
"Jamaah jangan lupa memakai masker yang sudah dibagikan secara gratis oleh Dinas Kesehatan, untuk mengindari berbagai kemungkinan penularan virus," katanya mengingatkan.
 
Di samping itu, Kemenag tidak lupa juga mengingatkan jamaah agar banyak-banyak minum air putih guna mengindari dehidrasi. "Cuaca ekstrem di Tanah Suci saat ini berkisar 42-45 derajat Celsius mengharuskan jamaah banyak mengonsumsi air putih terutama air zam-zam, dan mengurangi aktivitas di luar ruangan," katanya.
 
Sementara menyinggung tentang 405 orang calon haji kloter 02 dan 05 yang sudah berada di Tanah Suci Mekkah, informasi terakhir menyebutkan jamaah dalam keadaan sehat walafiat.
 
Meskipun cuaca di Tanah Suci cukup ekstrem, lanjutnya, tapi informasi terakhir diterimanya dari para petugas ketua rombongan menyampaikan rata-rata kondisi kesehatan jamaah sehal walafiat, termasuk jamaah yang menggunakan kursi roda.
 
"Jamaah calon haji yang saat ini berada di Mekkah sedang melaksanakan berbagai ibadah sunah sambil mengerjakan ibadah wajib shalat lima waktu," ujarnya.
comments powered by Disqus