Sertifikat Halal Dukung Wisata Halal

Kamis, 15 June 2017   Tags: sertifikat Halal, Wisata Halal   Views: 132
Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang Mataram H Lalu Ahmad Zaini mengatakan, penyerahan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia merupakan bentuk mendukung wisata syariah di daerah ini.
 


"Sebagai daerah yang sudah mendapatkan pengakuan dunia menjadi destinasi pariwisata halal, kita juga harus memberikan penegasan bahwa produk PDAM juga sudah halal," katanya kepada wartawan saat ditemui di kantor Wali Kota Mataram di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis.
 
Pernyataan itu dikemukakannya setelah PDAM Giri Menang Mataram mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Rabu (14/6) bersamaan dengan HUT ke-37 PDAM.
 
Dengan demikian, sertifikat halal dari MUI itu akan lebih menyakinkan publik bahwa air yang dihasilkan PDAM Giri Menang Mataram halal dan tidak ada lagi yang meragukan kehalalannya.
 
Halal yang dimaksudkan dalam hal ini adalah, dalam proses produksinya PDAM tidak menggunakan bahan kimia berbahaya begitu juga dengan peralatan yang digunakan. "Untuk mendapatkan sertifikat halal ini, MUI sudah melakukan kajian dan itu tidak main-main," katanya.
 
Tantangan berat PDAM saat ini, katanya, adalah mempertahankan proses-proses yang kehalalannya sudah diakui oleh MUI.
 
Lebih jauh, sambung Zaini, dengan telah adanya sertifikat halal dari MUI itu, dalam perencanaan ke depan PDAM akan memproduksi air mineral kemasan siap minum. "Ini masih rencana saja, dan kami siap berkompetitif dengan mengedepankan kualitas," katanya. 
 
Namun demikian, tambahnya, rencana itu tidak akan mengabaikan tugas utama PDAM dalam melayani sambungan air bersih ke rumah tangga untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari. 
comments powered by Disqus