Bus-Bus Baru Mengantar Jamaah dari Madinah ke Makkah

Senin, 07 August 2017   Tags: Bus-Bus Baru, Mengantar Jamaah, Madinah, Makkah    Views: 144
Jamaah haji Indonesia mulai Sabtu (05/08) lalu, secara bertahap akan mulai diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah. Mereka adalah jamaah yang sudah menjalani Arbain, shalat berjamaah 40 waktu secara berturut-turut di Masjid Nabawi.



“Sesuai jadwal kita akan mulai memberangkatkan jamaah dari Madinah menuju Makkah mulai 5 Agustus 2017. Akan ada satu kloter yang akan diberangkatkan menuju Makah,” terang Kabid Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid usai meninjau garasi bus transportasi antar kota di Madinah, Jumat (04/08) lalu.

Menurutnya, PPIH sudah melakukan kontrak dengan 6 perusahaan otobus, yaitu: Saptco, Rawahil, Dallah, Qawafil, Rabithat Makkah, dan Al Massah.  Masing-masing perusahaan sudah menyiapkan seluruh armadanya untuk memberangkatkan jamaah haji Indonesia sesuai dengan jadwal yang telah kita siapkan.

“Bus yang akan mengangkut jamaah itu produksi tahun 2013 – 2017. Perusahaan sudah berkomitmen untuk memberikan bus terbaru seperti yang kita lihat. Dallah sudah menyiapkan jenis Asia Star produksi 2017 yang akan digunakan jamaah Indonesia,” ujar Subhan.

Kualitas bus tahun ini, kata Subhan, lebih baru dibanding tahun lalu. Sebab, bus yang digunakan tahun lalu  paling baru produksi 2015, sedang tahun ini produksi 2017. “Bus dilengkapi dengan AC, toilet, bagasi dalam,  almari es, colokan charger, televidi dan CCTV,” kata Subhan.


Televisi dan CCTV

Untuk keberangkatan dari Madinah menuju Makkah, kata Subhan, total ada sekitar 3.325 trip layanan. Untuk jumlah layanan setiap perusahaan, berbeda-beda, sesuai jemaah yang akan diangkut. Perusahaan Dallah misalnya, menyiapkan 370 armada untuk mengangkut jamaah dari Madinah ke Makkah.


Toilet

Menurut Subhan, kontrak layanan berdasarkan jamaah yang harus diangkut agar dapat menjamin keberadaan bus di setiap jadwal pemberangkatan.  “Jadwal sudah kita berikan kepada semua syarikah. 12 jam sebelum berangkat, bus harus sudah siap karena mereka harus melakukan pemeriksaan dokumen dan teknis terlebih dahulu,” urainya. “Tiga jam sebelum keberangkatan jemaah, bus sudah harus menuju ke pemondokan,” sambungnya.


Colokan Charger

Jamaah haji kloter pertama Embarkasi Medan (MES 01) diberangkatkan menuju Makkah pada pukul 17.00 waktu Arab Saudi. Mereka  mengambil miqat di Bir Ali untuk melaksanakan umrah qudum. “MES 01 diantar dengan 9 bus dari Syarikah Rawahil,”  tutup Subhan. (MCH)
comments powered by Disqus