Ongkos Naik Haji Riau Naik Jadi Rp 32 Juta

Rabu, 25 July 2012   Tags: onh,iau r   Views: 392


Ongkos naik haji (ONH) untuk wilayah Provinsi Riau pada tahun ini ditetapkan Rp32 juta per orang atau mengalami kenaikan sekitar satu juta rupiah dibanding musim haji tahun 2011.

"Kenaikan ongkos haji pada 2012 tidak sampai satu juta rupiah dari tahun kemarin," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwilmenag) Riau, Tarmizi Tohor, kepada wartawan di Kantor Gubernur Riau, di Pekanbaru, Rabu.
 
Menurut dia tahun lalu biaya penyelenggaraan ibadah haji di Riau itu sekitar Rp31 juta, sedangkan pada tahun ini ongkosnya naik menjadi 3.468 dollar Amerika atau sekitar Rp32 juta.
 
Dia berharap pada waktu pelunasan ongkos naik haji nanti, kurs dollar Amerika bisa turun sehingga biaya penyelenggaraan ibadah haji bisa ditekan serendah mungkin.
Batas waktu pelunasan biaya naik haji tahun 2012 paling lambat dilunasi pada pertengahan bulan Agustus.
 
"Namun kita masih menunggu surat dari menteri agama, kapan dimulai pelunasan untuk haji Riau ini," jelasnya.
 
Kendati demikian, jemaah haji Riau sudah bisa menyiapkan uang bagi pelunasan biaya haji, jika sebelumnya seorang calon jemaah haji telah membayar Rp25 juta, berarti tinggal menambah sisanya sekitar Rp7 juta.
 
Sementara itu, terkait dengan kuota haji Riau tidak berubah yakni 5.010 jamaah haji dan sejauh ini pihaknya belum mengetahui secara keseluruhan jamaah haji yang batal berangkat atau mengundurkan diri.
 
"Baru tahu kita kepastian pengunduran diri atau batalnya seorang jamaah haji itu pada saat pelunasan nanti. Sekarang mungkin ada yang membuat pernyataan pengunduran diri sekitar 200-an orang," katanya.
comments powered by Disqus