Aplikasi Haji Pintar Generasi Tiga Dirilis

Sabtu, 22 July 2017   Tags: Aplikasi, Haji Pintar, Jamaah Haji   Views: 71
Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama merilis Aplikasi Haji Pintar versi terbaru. Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan aplikasi ini sudah memasuki generasi ketiga.



“Pada generasi ini, sudah dilakukan up grade dengan menambahkan beberapa fitur baru, seperti: Al-Quran, jadwal shalat, informasi ziarah baik di Makkah dan Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu up date tiap harinya, dan Itinerary (rencana perjalanan ibadah haji),” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/07). "Aplikasi ini kini sudah bisa diunduh di google play store," tandasnya.

Sri Ilham berharap pengembangan aplikasi ini menjadi bagian upaya Ditjen PHU dalam meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji. Pengembangan aplikasi berbasis smartphone atau ponsel pintar ini diharapkan dapat memudahkan jemaah dalam mendapatkan informasi seputar ibadah haji.

Selain panduan dan informasi pelaksanaan ibadah haji, lanjut Sri Ilham, Aplikasi Haji Pintar ini juga memuat beberapa informasi berikut:
  • Cek informasi tahun keberangkatan jamaah haji.
  • Lokasi pemondokan di Makkah dan Madinah
  • Informasi Konsumsi
  • Informasi Cuaca
  • Informasi rute bus shalawat
  • Informasi kesehatan
  • Informasi penting lainnya.



Selain itu, aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 ini juga memuat informasi tentang jadwal keberangkatan kloter, doa-doa, serta informasi layanan pengaduan dan whatsapp.

Sri Ilham menambahkan bahwa aplikasi ini masih terus akan dilakukan pengembangan. Sampai saat ini, beberapa data juga masih dalam proses update, antara lain terkait: data perumahan, transportasi, katering, dan jadwal penerbangan. “Semoga dalam waktu dekat semuanya sudah fix,” ujarnya.

“Bagi jemaah haji yang ingin mendapatkan aplikasi ini, langsung saja mengunduh di google play store dengan kata kunci Haji Pintar 2017,” sambungnya. (kemenag)
comments powered by Disqus