Keajaiban Kepala Serangga dan Komputer Tercepat di Dunia

Sabtu, 29 June 2013   Tags: keajaiban, kepala serangga, komputer tercepat, dunia   Views: 1949
kepala lebah

Pada Februari 2008 silam, tepatnya tanggal 22. Jerman siap menyaksikan penginstalan komputer tercepat untuk aplikasi sipil di dunia. Komputer tercepat raksasa ini, pertama kali ditampilkan di kota Julich, Jerman. Komputer ini akan digunakan untuk mendukung penelitian ilmiah di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya untuk dikembangkan di berbagai bidang seperti bidang astronomi, energi, industri farmasi dan bidang lainnya.
 
Komputer ini akan menjadi yang tercepat di antara 500 komputer untuk tujuan sipil di dunia. Setelah sebelumnya ahanya ada satu komputer yang lebih cepat yang digunakan untuk aplikasi militer di pusat energi nuklir Amerika di negara bagian California.
 
Komputer “Eugenh”, superkomputer, bukan komputer pribadi yang didalamnya terpasang 65 ribu prosesor yang diinstalasikan dalam enam belas kotak dan masing-masing kotak memiliki ukuran yang sama seperti chip elektronik yang diperlukan untuk telepon biasa.

Adapun suara sesuai fungsinya, akan terdengar begitu keras dan dianjurkan untuk memakai perangkat anti kebisingan di telingasebelum masuk ke aula atau ruangan komputer. Dalam hal ini, Dr NeubertAtej, kepala departemen aplikasi mengatakan bahwa enam belas kotak berisi prosesor tadi membutuhkan listrik dengan kapasitas 30 Kw.
 
Untuk dapat bekerja, komputer ini memerlukan suhu lingkungan sebesar 16 derajat. Kecepatan komputer hampir menyamai kecepatan 20 ribu PC biasa yang dinyalakan bersama-sama, yakni bisa melakukan perhitungan sebanyak 223 miliar hanya dalam satu detik dan ini adalah sesuatu yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya oleh Atej.

Sekitar 200 tim peneliti dari Jerman dan Eropa bergantung pada dukungan komputer ini dalam melakukan perhitungan yang relevan untuk penelitian dan studi mereka. Dalam hal ini, ada komite yang menentukan proyek mana saja yang akan diberikan prioritas untuk memanfaatkan dukungan dari super komputer.
 
Hal ini terjadi karena simulasi biasanya dilakukan dengan format chart berbagai bentuk, seperti grafik yang telah menjadi pilar utama ketiga dari ilmu setelah teori dan aplikasi. Begitu juga mengembangkan obat baru membutuhkan banyak percobaan untuk mengetahui dampak dari bahan-bahan yang terkandung. 
 
Melalui penggunaan komputer, para ilmuwan bisa menjelajahi dampak umum dan menghemat waktu yang dihabiskan dalam melakukan banyak percobaan di laboratorium serta menghemat uang. Adapun dalam bidang astronomi, komputer memainkan peran yang lebih besar sejak percobaan laboratorium dinilai sebagai cara yang lebih keras dan lebih kompleks.
 
Mungkin sebagian dari kita menganggap jika komputer yang ditemukan saat ini merupakan kemajuan di bidang ilmu dan teknologi yang amat canggih. Tapi jika kita berbicara dengan keimanan, kita akan membandingkan komputer ini dengan serangga kecil seperti nyamuk.

Perlu diketahui, nyamuk dalam hal ini pasti melampaui perangkat komputer. Di otak nyamuk, ada beratus ribu sel dan di setiap sel ada sebuah komputer yang sangat kompleks.
 
Super komputer ini tentunya membutuhkan bangunan yang sempurna dan tim insinyur serta peneliti yang hebat. Begitu juga dengan daya dan kekuatan istimewa, pendingin, perangkat pengurangan kebisingan, dan sistem kontrol. Jika super komputer hanya memiliki 65.000 prosesor sedangkan otak seekor lebah dan serangga lainnya memiliki hampir satu juta prosesor.
 
kepala nyamuk
 
Ini adalah kepala nyamuk. Desain ini diciptakan Allah Swt. dengan sempurna dilengkapi mata majemuk yang memiliki ribuan lensa. Sehingga nyamuk dapat melihat dan menemukan jalan dengan mudah ketika terbang. Tanpa desain sempurna ini nyamuk tidak pernah dapat hidup dan menjalankan fungsinya dengan baik. Para ilmuwan bingung dan bertanya-tanya dari mana desain yang indah ini datang. Jawabannya sangat jelas, Allah Swt. tentunya sesuai dengan firman dalam Al-Qur’an:
“Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu.” (QS. Az-Zumar: 62).
 
Otak manusia memiliki lebih dari satu juta sel saraf yang berfungsi dengan efisiensi tinggi dan dalam koordinasi yang tidak ada bandingannya. Jika kita merenungkan makhluk di bumi ini, kita akan menemukan bahwa otak mereka berfungsi lebih efisien daripada super komputer baru yang ada saat ini. Semua fakta ini dapat membuktikan kekuasaan Allah, pencipta yang alamat setiap ateis dengan mengatakan:
“Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan(mu) selain Allah. Sebenarnya orang- orang yang zalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Luqman: 11).
 
Wallohu A’lam Bishshowwaab. (islampos/kaheel7)
comments powered by Disqus