Seribuan Koper Calon Jamaah Haji Tiba di Asrama Donohudan

Rabu, 19 September 2012   Tags: koper, jamaah, haji, asrama, donohudan   Views: 466


Seribuan koper calon haji kelompok terbang pertama hingga empat Embarkasi Surakarta, mulai tiba di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Rabu.
Seribuan koper calhaj empat kloter tersebut langsung masuk gudang penyimpanan di Asrama Haji Donohudan, setelah melalui alat pemeriksaan komputer oleh petugas setempat.
 
Calhaj kloter pertama asal Kabupaten Sukoharjo sebanyak 360 jamaah ditambah 15 petugas pendamping sehingga totalnya 375 jamaah, rencana akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo, di Boyolali, Jumat (21/9), sekitar pukul 07.15 WIB.
 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Surakarta (PPIH) H ImamHaromain Ashari melalui Wakil Sekretaris III M Safik, rencana pelepasan calhaj kloter pertama asal Sukoharjo, akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan.
 
M. Safik menjelaskan, koper calhaj yang mulai berdatang ke asrama haji, Rabu ini, yakni milik jamaah kloter satu Sukoharjo, Kloter dua jemaah asal Sukoharjo dan Boyolali, ketiga dan empat semuanya asal Boyolali yang totalnya mencapai sekitar 1.500 koper.
 
Menurut dia, jamaah calhaj tersebut mulai masuk di asrama Donohudan, Kamis (20/9), seperti biasa mereka langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap terakhir, dan menyerahan paspor, identitas serta uang saku sebesar 1.500 rial setiap jamaah.
 
Bagi jamaah calhaj yang belum divaksin meningitis di daerahnya, mereka setibanya di asrama haji saat cek kesehatan terakhir akan diberikan, karena hal itu sebagai salah satu syarat berangkat ibadah haji.
 
Selain itu, kata dia, bagi jamaah calhaj yang ketahuan sedang hamil, mereka akan ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci, pada tahun berikutnya.
 
Ia menjelaskan, jumlah jamaah calhaj di Embarkasi Siurakarta, tahun ini, yang sudah terdaftar keberangkatnya totalnya sebanyak 32.689 jamaah berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan Tengah.
 
"Jumlah calhaj asal Jateng sebanyak 29.454 jamaah, Yogyakarta 3.069 jamaah, dan Kalteng 166 jamaah," katanya.
 
Menurut dia, dari total calhaj tersebut diberangkatkan ke Tanah Suci yang terbagi sebanyak 89 kloter, mulai tanggal 21 September hingga 19 Oktober mendatang. Sedangkan, jamaah jadwal pemulangan atau tiba di Tanah Air, mulai tanggal 1--29 November 2012.
 
"Kami akan berupaya melayani jamaah calhaj baik waktu pemberangkatan di asrama haji Donohudan maupun kedatangan ke Tanah Air, lebih baik dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya," katanya.
comments powered by Disqus