Seorang Jamaah Haji Jateng Meninggal di Pesawat

Selasa, 20 November 2012   Tags: jamaah haji, meninggal, jateng, pesawat   Views: 439


Seorang haji berasal dari Debarkasi Adi Soemarmo Surakarta, Jawa Tengah, meninggal dunia saat perjalanan pulang ke Tanah Air, Senin, karena sakit.
 
Seorang anggota jamaah haji yang meninggal tersebut yakni Putliyah (66), warga Jalan Simongan Nomor 92 Kota Semarang, tergabung dengan kloter 60 bersama rombongan haji berasal dari Kabupaten Magelang.
 
Rombongan itu tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 14.40 WIB.
Wakil Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Surakarta Muhammad Syafiq mengatakan, seorang anggota jamaah haji berasal dari Kota Semarang tersebut dilaporkan meninggal dunia di dalam pesawat terbang saat perjalanan pulang ke Tanah Air.
 
"Jamaah itu dilaporkan meninggal dunia saat pesawat terbang yang membawanya di atas sekitar wilayah Colombo Sri Langka," kata Syafiq.
 
Ia mengatakan, seorang haji tersebut merupakan mutasi dari kloter 29 ke 60, karena dia masih sakit setelah menjalani operasi di rumah sakit di Arab Saudi. Ketika itu, dia tertunda kepulangannya ke Tanah Air.
 
Jenazahnya diikutkan bersama kloter 60 dan setibanya di Bandara Adi Soemarmo langsung dinaikan ambulans menuju Asrama Haji Donohudan.
 
"PPIH yang diwakili oleh Wakil Sekretaris II Maksum kemudian melakukan serah terima jenazah ke pihak keluarga yang didampingi petugas daerah untuk dibawa pulang ke daerahnya," katanya.
 
PPIH Debarkasi Surakarta hingga Senin telah memulangkan 60 kloter dengan jumlah 22.403 orang, ke daerahnya masing-masing.
 
Sebelumnya, PPIH telah memulangkan sebanyak 375 anggota jamaah haji berasal dari Kebumen dan Magelang yang tergabung dalam kloter 58. Rombongan itu, tiba di bandara setempat pada pukul 08.15 WIB.
 
Rombongan haji kloter 59 berasal dari Magelang kemudian menyusul tiba di bandara setempat pada pukul 10.47 WIB atau lebih cepat 28 menit dari jadwal semula.
 
"Rombongan haji kloter 59 ini, totalnya berjumlah 372 orang. Setelah mereka dilakukan pengecekan paspor kemudian dipulangkan ke daerahnya," katanya.
 
Jumlah haji Debarkasi Surakarta yang wafat di Tanah Suci, berdasarkan data diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, hingga Senin petang, sebanyak 68 orang, dan ditambah satu orang di pesawat, serta satu lainnya rumah sakit Solo.
comments powered by Disqus