Sebanyak 1.297 Paspor Calon Haji Sulbar Rampung

Senin, 06 August 2012   Tags: paspor, calon haji, sulbar   Views: 626


Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Barat mencatat sebanyak 1.297 paspor dari 1.427 kuota calon haji di provinsi ini sudah rampung dikerjakan untuk musim haji 2012.

"Berdasarkan hasil laporan yang kami terima, tercatat sebanyak 1.297 paspor sudah selesai dibuat. Ini berarti masih tersisa 146 paspor yang masih dalam penyelesaian," kata Kepala Bidang Urusan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulbar Drs H Misbahuddin di Mamuju, Senin.
 
Menurutnya, pembuatan paspor calon haji Sulbar ini dikerjakan melalui dua kantor Imigrasi yakni di wilayah Kabupaten Polewali Mandar dan Mamuju.
"Untuk calon haji di Kabupaten Polewali Mandar, Majene dan Mamasa menyelesaikan paspor haji di kantor Imigrasi Polewali Mandar, sedangkan untuk wilayah Mamuju dan Mamuju Utara dilaksanakan di kantor Imigrasi Mamuju," ujarnya.
 
Karena itu, kata dia, bagi calon haji yang masuk dalam kuota pemberangkatan musim haji 2012 diminta segera menyelesaikan proses pembuatan paspor.
Misbahuddin mengatakan, laporan penyelesaian paspor ini juga telah disampaikan dalam rapat finaliasi penetapan jadwal pemberangkatan untuk wilayah embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Ia menerankan, berdasarkan hasil rapat di kota Makassar telah disepakati bahwa bahwa calon haji Sulbar akan berangkat mulai 28 September 2012 dan pemberangkatan terakhir pada 10 Oktober 2012.
 
"Hasil rapat ini akan kita tindak lanjuti untuk penentuan kelompok terbang (kloter) dari total calon haji yang masuk kuota pemberangkatan dari lima kabupaten di Sulbar," ujarnya.
 
Karena itu, kata dia, bagi calon haji yang masuk dalam kuota pemberangkatan musim haji tahun ini diharapkan segera melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
 
Ia menambahkan, yang tidak kalah pentingnya, para calon haji diharapkan mampu membekali diri ilmu manasik haji dengan cara mengikuti manasik pada masing-masing kabupaten yakni Kabupaten Mamuju, Majene, Polewali Mandar, Mamasa dan Matra.
 
"Tahun ini jumlah kuota calon haji Sulbar sebanyak 1.427 orang dan hingga kini calon yang sudah melunasi baru mencapai 833 orang. Ini berarti masih ada 594 orang yang belum melunasi BPIH," katanya.
 
Dari 1.427 kuota calon haji Sulbar, Kabupaten Polewali Mandar mendapat kuota besar dengan jumlah 500 orang, 416 orang di Mamuju, 250 orang di Majene, 154 di Mamuju Utara dan 107 di Kabupaten Mamasa.
 
"Para calon haji yang belum melunasi BPIH dapat segera melakukan pelunasan pada bank-bank yang telah ditunjuk pemerintah untuk menerima setoran sebelum batas akhir pelunasan," kata dia.
 
Ia mengatakan, berdasarkan ketentuan yang ada, jadwal pelunasan harus dilakukan mulai 26 Juli sampai 31 Agustus 2012. "Bila sampai 31 Agustus belum juga terisi semua kuota yang kita miliki, maka waktu pembayaran akan dilakukan untuk tahap kedua, yaitu pada 3 sampai 7 September 2012," kata Misbahuddin.
comments powered by Disqus