Pemberangkatan Kloter 31 dari Makassar Tertunda Lima Jam

Sabtu, 13 October 2012   Tags: pemberangkatan, kloter 31, makassar, tertunda lima jam   Views: 435


Pemberangkatan kelompok terbang 31 yang dijadwalkan sekitar pukul 20.45 Wita, harus tertunda selama lima jam karena keterlambatan pesawat Garuda tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
 
"Keterlambatan pemberangkatan karena terlambatnya pesawat Garuda yang akan ditumpangi calon haji asal Kabupaten Bulukumba masuk ke embarkasi Sultan Hasanuddin Makassr," ujar Manager Station Garuda, Suherman di Makassar, Jumat (12/10) malam.
 
Ia mengatakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 1114 yang mengangkut 375 calon haji ini sudah bersiap-siap sejak sore karena dijadwalkan akan berangkat pada Jumat (12/10) pukul 20.45 Wita.
 
Namun, pemberangkatan calon haji tersebut baru dilaksanakan pada Sabtu (13/10) sekitar pukul 01.15 Wita.
 
Meskipun terjadi keterlambatan penerbangan, namun tidak mempengaruhi kedatangan para jamaah calon haji asal Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Gowa dan Takalar, Sulawesi Selatan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 32.
 
Rombongan kloter 32 itu mulai masuk pemondokan asrama haji Sudiang Makassar sejak Jumat (12/10) pagi sekitar pukul 07.00 Wita dan langsung menempati sejumlah wisma usai diterima oleh panitia pemberangkatan ibadah haji (PPIH) Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar.
 
Suherman mengaku jika keterlambatan pemberangkatan itu juga sepenuhnya menjadi tanggungjawab otoritas penerbangan King Abdul Azis, Arab Saudi karena padatnya penerbangan di Arab Saudi sehingga pesawat penerbangan yang mengangkut calhaj Indonesia juga harus menunggu.
 
"Kami sudah memberikan pelayanan prima disini tetapi kendala itu berada pada otoritas bandara King Abdul Azis, Arab Saudi karena begitu padatnya penerbangan dari seluruh dunia," katanya.
 
Menurut dia, antrean pesawat yang terjadi di Arab Saudi memungkinkan adanya penundaan pemberangkatan dan kejadian yang seperti itu terjadi hampir setiap tahun. Kejadian itu juga tidak terjadi disemua penerbangan, namun hanya terjadi dibeberapa penerbangan tertentu.
 
Sementara itu, ketua kloter 31 Hasbi mengaku, keterlambatan pemberangkatan ke Jeddah, Arab Saudi tidak membuatnya resah karena kendala teknis seperti itu biasa terjadi.
 
"Kami tidak mengeluh karena kendala seperti itu biasa terjadi dan berdasarkan informasi yang kami terima jika tidak semua penerbangan tertunda, bahkan ada yang berangkat lebih awal. Hanya pada kloter kita saja ini yang sedang mengalami kendala, jadi itu tidak masalah," ucapnya.
comments powered by Disqus