Larangan Bawa Zam Zam Melalui Visual Lebih Efektif

Jumat, 15 September 2017   Tags: Larangan Bawa, Zam Zam Visual, Jamaah Haji   Views: 61
Maskapai penerbangan mengeluarkan aturan yang melarang jamaah haji untuk membawa air Zamzam dalam koper bagasi. Namun demikian, masih ada saja jamaah yang tidak mengindahkan. 


Petugas berwenang menemukan air zam zam yang diselndupi menggunakan sejadah, handuk, paralon/MCH

Tidak sedikit jamaah yang “aji mumpung” memasukan air Zamzam dalam kopernya. Akibatnya, koper mereka dibongkar karena air Zamzam harus dikeluarkan.

Petugas pelindungan jamaah atau linjam di sektor 11 Rimsyahtono mengatakan, sosialisasi mengenai larangan membawa air Zamzam ke dalam koper sudah dilakukan secara massif. Dia mengaku berulang kali menjelaskan hal itu kepada jamaah. Namun, belum sepenuhnya efektif.

Rimsyahtono mengaku jamaah baru mulai sadar tentang larangan itu setelah melihat tayangan visual pembongkaran koper, baik melalui televisi atau pesan berantai di media sosial. Karenanya, dia menilai sosialisasi larangan membawa air Zamzam secara visual lebih efektif.

“Setelah melihat tayangan berita di media-media, jemaah sekarang lebih memilih mengikuti dibanding nekat membawa ari Zamzam,” terang Rimsyahtono yang kesehariannya bertugas di Bagian SDM Mabes Polri Jakarta, Rabu (13/09).

Melalui video, lanjut Rimsyahtono, jamaah bisa melihat langsung koper yang dibongkar oleh pihak berwenang karena ada air Zamzam didalamnya.

Seiring terus bergulirnya fase pemulangan, petugas Daker Makkah juga terus mengingatkan jamaah tentang larangan membawa air Zamzam dalam koper.  Jamaah tidak perlu khawatir tidak mendapatkan air Zamzam, karena setibanya di embarkasi Tanah Air akan dibagikan  sebanyak 5 liter. (MCH)
comments powered by Disqus