Kesiapan Keberangkatan Jamaah Haji Cianjur 90 Persen

Sabtu, 15 September 2012   Tags: keberangkatan, jamaah, haji, cianjur   Views: 407


Kementerian Agama Cianjur, Jabar, Bidang Perjalanan Haji dan Umrah, mengaku persiapan pemberangkatan jamaah haji 2012, mencapai 90 persen.
 
Kasi Perjalanan Haji dan Umrah Kemenag Cianjur, Hipni, Jumat, mengatakan, Jamaah haji asal Cianjur yang akan berangkat sebanyak 1.306 dari 1.323 jemaah, sesuai SK Gubernur Jabar, dimana saat ini, pemberangkatan memasuki tahapan pemberkasan dokumen perjalanan ibadah haji.
 
Sedangkan 20 jemaah lainnya, ungkap dia, tidak dapat melunasi biaya perjalanan haji dan beberapa diantaranya ada yang menyatakan mengundurkan diri, sehingga batal berangkat. Sesuai dengan tahapan yang ada, saat ini, pihaknya tengah memasuki tahapan verifikasi kelengkapan pemberkasan dokumen.
 
"Pelunasan tahap kedua baru selesai 7 September, sehingga, ada beberapa berkas dokumen yang baru bisa dilakukan setelahnya. Jumlah jamaah yang berangkat naik dibandingkan tahun lalu," katanya.
 
Hipni menjelaskan, berbeda dengan tahun lalu, tahun ini, kuota jamaah yang batal berangkat, menjadi kuota nasional dan diberikan pada lansia. Kabupaten Cianjur, mendapatkan jatah tiga lansia untuk pemenuhan kuota nasional tersebut.
 
Jumlah jemaah tahun ini, jelas dia, masih didominasi calon jamaah yang sehari-hari berprofesi sebagai petani. Namun, terjadi kenaikan jumlah pada PNS dan guru, mencapai 25 persen.
 
"Untuk PNS dan guru terjadi kenaikan karena mungkin berkah dari sertifikasi. Tapi, petani masih jauh diatasnya, menyusul profesi lainnya. Pemberangkatan jemaah, melihat jadwal yang ada, pemberangkatan pertama akan dilakukan 26 September. Ada dua kloter utuh dan dua kloter tidak utuh, artinya ada yang digabung dengan daerah lain," ucapnya.
 
Sementara itu, terkait isu adanya jemaah luar Cianjur, pihaknya membantah dan menegaskan hal tersebut tidak ada. Pasalnya, pihaknya telah meningkatkan pengawasan saat pendaftaran.
comments powered by Disqus