Kemenag Bukittinggi Optimistis Ibadah Haji Lancar

Senin, 10 September 2012   Tags: kemenag, bikuttinggi,ibadah, haji   Views: 414


Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi optimistis sebanyak 297 calon jamaah haji kota setempat dapat menjalankan ibadah haji dengan dengan lancar. "Sejauh ini kesehatan para jemaah calon haji (CJH) cukup baik dan dinyatakan siap diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Kita yakin seluruh CJH bisa menjalankan seluruh rukun haji dengan baik," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Bukittinggi Khamidir, Senin.
 
Dia menyebutkan, CJH Kota Bukittinggi tergabung dalam kloter enam embarkasi padang di mana akan berangkat ke embarkasi 26 September dan 27 September menuju Mekkah Al Mukaramah.
 
Menurut dia, CJH asal Bukittinggi sebanyak 284 orang dan ditambah yang mutasi 10 orang dari Kabupaten Agam dan Kota Padang, dan tambahan tiga porsi dari Kantor Kementrian Agama Sumatera Barat (Sumbar).
 
Sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, katanya, CJH mendapat pemeriksaan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi sebanyak dua kali.
"Itu dilakukan untuk membantu kelancaran calon jemaah haji (CJH) yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2012," katanya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Syofia Dasmauli menyebutkan, pengecekkan kesehatan CJH merupakan hal penting yang harus didapatkan setiap jemaah, karena dapat memberikan gambaran kondisi fisik CJH.
 
"Dengan pemeriksaan fisik CJH akan dapat dianalisis secara detail, dan apabila jemaah menderita penyakit yang berbahaya akan diberikan perawatan secara intensif," kata dia.
 
Dia menyampaikan, bahwa pengecekkan kesehatan CJH bertujuan agar sewaktu jemaah melaksanakan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami hal yang berakibat kegagalan dalam menunaikan setiap ibadah dan rukun haji.
 
Mengingat keberangkatan JCH Bukittinggi berada pada gelombang pertama, kata dia, pada akhir bulan September 2012 Dinkes akan mengoptimalkan pelayanan pengecekan kesehatan pada setiap jemaah.
 
Dia menyebutkan, akan memberi vaksinasi meningitis pada setiap jemaah agar dapat terlindung dari radang otak yang diakibatkan perubahan cuaca.
comments powered by Disqus