Gubernur Sumsel akan Lantik Panitia Haji

Jumat, 31 August 2012   Tags: gubernur, sumsel, panitia haji   Views: 271


Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin akan melantik panitia penyelenggara ibadah haji daerah itu pada 5 September 2012.

Kakanwil Kementerian Agama Sumsel H Najib Haitami kepada wartawan di Palembang, Jumat mengatakan, pihaknya telah menyampaikan masalah pelantikan tersebut dan gubernur sudah menyetujui.
 
Mengenai petugas yang dilantik, menurut dia, kepanitiaan antara lain terdiri dari pejabat Pemerintah Provinsi Sumsel dan dari Kanwil Kementerian Agama setempat serta unsur terkait lainnya.
 
Petugas haji itu nantinya akan mengurusi pemberangkatan dan pemulangan para jamaah yang akan menunaikan rukun Islam kelima tersebut.
 
Sementara mereka mulai bertugas setelah usai dilantik, namun umumnya kegiatan yang lebih banyak ketika para jamaah calon haji masuk asrama.
 
Hal ini karena petugas nantinya yang akan menyeleksi kelengkapan pemberangkatan termasuk paspor.
 
Begitu juga jamaah calon haji akan diperiksa kesehatan terakhir sehingga petugas harus siap.
 
Mengenai pemberangkatan jamaah calon haji sendiri, dia mengatakan, berdasarkan jadwal pada 21 September 2012.
 
Jadi sebelum berangkat jamaah harus masuk dan menginap di asrama terlebih dahulu, kata dia.
 
Kabid Haji dan Zakat Kanwil Kementerian Agama Sumsel H Udin Djuhan mengatakan, untuk 2012 ini jamaah calon haji Sumsel sebanyak 6.300 orang.
Nantinya jamaah calon haji tersebut akan dibagi 18 kelompok terbang yang rata-rata perkloter 300 orang.
 
Selain jamaah Sumsel juga akan bergabung calon haji Provinsi Bangka Belitung sebanyak tiga kelompok terbang, tambah dia.
comments powered by Disqus