Daftar Tunggu Calon Haji Padangpanjang Hingga 2024

Senin, 03 September 2012   Tags: daftar tunggu, jamaah, haji, 2024   Views: 453


Kementerian Agama Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, menyebutkan daftar tunggu keberangkatan ibadah haji di daerah itu tercatat sampai 2024.

"Tingginya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci membuat pemerintah harus menyiapkan daftar tunggu yang panjang, malahan untuk Kota Padangpanjang sampai 2024," kata Kepala Kementerian Agama Kota Padangpanjang Japeri, Senin.
 
Daftar tunggu yang panjang tersebut, kata dia, terpaksa dilakukan karena kuota untuk keberangkatan haji yang ditetapkan pemerintah telah penuh.
 
Ia mengatakan, pemerintah menetapkan kuota keberangkatan haji untuk Padangpanjang 150 orang per tahun. Sedangkan sampai 2024, sudah sekitar 1.500 orang yang mendaftar.
 
Untuk mengisi daftar tunggu tersebut, jelas dia, calon haji diberi persyaratan di antaranya berbadan sehat, berumur di bawah 80 tahun.
 
"Selain itu, calhaj terlebih dulu harus membayar biaya keberangkatan ke panitia penyelenggara haji," katanya.
 
Namun, sebut dia, kalau yang bersangkutan berhalangan pergi karena ada masalah, biaya tersebut akan dikembalikan tanpa potongan.
 
Dia menyebutkan, data sementara calhaj yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini sebanyak 129 orang. "Mereka tergabung dalam kloter II," katanya.
 
Dia mengimbau kepada calon haji untuk memasang niat dengan ikhlas dan meninggalkan beban permasalahan yang ada, termasuk menjaga kesehatan.
 
Calon haji juga diminta untuk menaati seluruh peraturan selama pemondokan dan menjalan ibadah, menjaga persatuan dan tidak melakukan hal-hal dapat merusak ibadah ibadah haji.
 
Jumlah calon haji di Padangpanjang tahun ini menurun dari tahun 2011 yang berjumlah 160 orang dan tergabung dari tiga daerah, Tanahdatar dan sebagian Padangpariaman.
 
Menurut dia, banyak pertimbangan untuk memberangkatkan calon haji, apalagi jamaah yang sudah berusia lanjut.
 
Ke depan, bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji agar lebih mempersiapkan kesehatan dan fisiknya, mengingat keadaan di Tanah Suci yang jauh berbeda dengan di Tanah Air.
 
Kepada masyarakat yang telah mendaftar dan masuk daftar tunggu, Japeri mengimbau untuk lebih mempersiapkan diri sebelum jadwal keberangkatan haji.
comments powered by Disqus