75 Persen Calon Haji Bojonegoro Lunasi BPIH

Senin, 06 August 2012   Tags: calon haji, bojonegoro, bpih   Views: 435


Sekitar 75 persen dari 962 calon haji (calhaj) Bojonegoro, Jawa Timur, sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sebesar 3.768 dolar Amerika Serikat.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro Abdul Wahib, Senin, mengatakan, proses pembayaran BPIH calhaj yang dibuka sejak 26 Juli hingga sekarang ini, masih terus berjalan, untuk membayar kekurangan uang titipan yang sudah disetorkan sebesar Rp20 juta.
 
Ia mengatakan, besarnya pembayaran kekurangan BPIH di bank masing-masing calhaj mendaftar, tidak sama bergantung nilai dolar saat melunasi BPIH.
 
Abdul Wahib optimistis bahwa calhaj yang saat ini masih belum melunasi BPIH mampu melunasi kekurangannya itu, hingga batas yang ditentukan terakhir pada 31 Agustus mendatang. "Kalau ada yang tidak bisa melunasi BPIH, biasanya jumlahnya minim," ujarnya.
 
Menurut dia, kalau ada calhaj yang tidak mampu melunasi BPIH, tetap tidak bisa langsung diganti calhaj yang sudah masuk daftar tunggu.
Namun, lanjutnya, jumlah calhaj yang tidak mampu melunasi BPIH akan dihimpun Kementerian Agama, untuk selanjutnya dibagikan kepada daerah lagi.
 
"Kalau tahun lalu Bojonegoro memperoleh tambahan kuota 30 orang calhaj," jelasnya. Berapa tambahan kuota calhaj tahun ini, ia mengaku, belum tahu, tapi diperkirakan jumlahnya tidak berbeda dengan jumlah tambahan kuota calhaj tahun lalu.
comments powered by Disqus