421 Calon Jamaah Haji Langkat Lunasi BPIH

Selasa, 28 May 2013   Tags: jamaah, haji, langkat, bpih   Views: 328


LANGKAT--Sebanyak 421 calon jamaah haji Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, segera melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sebesar 3.263 dolar AS per jamaah. "Segera mungkin calon jamaah haji Langkat melunasi BPIH," kata Kepala Kementerian Agama Langkat melalui Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh, Haji Farhan Indra di Stabat, Selasa.
 
Farhan juga menjelaskan bahwa pelunasan ongkos ibadah haji tersebut harus dilakukan hingga 12 Juni 2013 mendatang. Pelunasan BPIH ini dilakukan bagi mereka yang masuk porsi keberangkatan tahun ini, atau porsi tunda tahun sebelumnya.
 
"Bagi mereka yang hingga batas tanggal yang ditentukan belum juga melunasi ongkos ibadah hajinya maka mereka dikatagorikan 'waiting list' untuk tahun mendatang," katanya.
 
Dimana sisa kuota yang ada akan menjadi kuota nasional atau diperuntukkan bagi jamaah lansia diatas 83 tahun beserta pendamping. Selain itu juga sisa kuota tersebut akan diperuntukkan bagi jamaah yang uzur karena sakit yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
 
Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Langkat itu menambahkan bagi calon jamaah haji yang berangkat tahun ini karena ia sudah haji, maka akan diutamakan yang belum melaksanakan haji. "Selain melunasi ongkos BPIH, calon jamaah haji Langkat sekarang ini juga sedang melakukan pengurusan paspor untuk keberangkatan mereka nantinya," ungkap Farhan.
 
Pada bahagian lain, disampaikannya bahwa berdasarkan alokasi yang ada, maka jamaah haji Langkat kemungkinan akan bertambah, walaupun sekarang ini yang akan melunasi sekitar 421 calon jamaah haji. Pertambahan itu didasarkan banyaknya usia calon jamaah haji Langkat diatas 83 tahun yang akan ikut, dimana turut juga didampingi pendampingnya.
 
Adapun calon jamaah haji Langkat yang terbanyak berasal dari kecamatan Stabat 118 orang, Pangkalan Susu 46 orang, Babalan 44 orang, Tanjungpura 41 orang, Hinai 23 orang, Selesai 22 orang, Padang Tualang 17 orang, Gebang 15 orang, Sei Lepan 14 orang, Secanggang 13 orang dan Brandan Barat 12 orang, katanya.
comments powered by Disqus