20 Persen Jamaah Haji Kabupaten Malang Lanjut Usia

Jumat, 14 September 2012   Tags: jamaah, haji, malang, lanjut usia   Views: 336


Sebanyak 20 persen atau sekitar 400 orang calon haji dari Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang berangkat tahun ini berusia lanjut (lansia).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang Abdul Rahman, Jumat, mengatakan, jumlah calon haji berusia lansia tersebut semakin banyak karena adanya tambahan kuota sembilan orang yang seluruhnya diberikan pada lansia.
 
"Jumlah calon haji yang sudah melunasi BPIH dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 2.002 orang. Dan, 400 orang diantaranya berkategori lansia (87-92 tahun)," tegasnya.
 
Calon haji sebanyak itu terbagi menjadi enam kelompok terbang (kloter) yang akan berangkat mulai 11 oktober. Dari enam kloter itu, dua diantaranya berbagung dengan kolter penyangga, yakni kloter 58 yang akan berangkat 12 Oktober dan kloter 76 yang akan berangkat 18 Oktober.
 
Sementara itu, empat kloter lainnya merupakan kloter yang utuh beranggotakan 450 orang masuk dalam kloter 54, 55, 56 dan 57.
 
Menurut rencana calon haji dari kabupaten Malang tersebut bakal dilepas Bupati setempat Rendra Kresna dari Stadion Kanjuruhan Kepanjen dan Lawang.
 
Sebelum berangkat ke Tanah Suci, para calon haji dari Kabupaten Malang itu masih harus menjalani manasik haji terakhir yang digelar, Sabtu (15/9) di Islamic Center Kepanjen.
 
Sementara calon haji Kota Malang tahun ini sebanyak 1.221 orang yang terbagi menjadi tiga kloter, yakni kloter 51, 52 dan 53. menurut rencana, tiga kolter tersebut bakal berangkat 9 Oktober dari Lapangan Rampal yang dilepas oleh Wali Kota Malang Peni Suparto sekitar pukul 14.00 WIB.
 
"Khusus untuk kloter 50 ini akan digabung dengan calon haji dari Surabaya. namun, mereka akan diberangkatkan bersamaan dengan jamah dari kloter 51 maupun 52," kata Humas Kemenag Kota Malang burhanuddin.
 
Sedangkan calon haji dari Kota Batu sebanyak 123 orang akan bergabung dengan kloter 25 yang diisi oleh calon haji dari surabaya dan Kediri yang akan berangkat pada 29 September mendatang oleh Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.
comments powered by Disqus