2.882 Jamaah Haji Aceh Tiba di Tanah Air

Rabu, 04 October 2017   Tags: Jamaah Haji, Aceh, Tiba di Tanah Air   Views: 63
Sebanyak 2.882 jamaah haji asal Aceh telah berada di Tanah Air, menyusul tibanya Kelompok terbang (Kloter) 8 Debarkasi Aceh di Kabupaten Aceh Besar, Selasa sore tepat pukul 18.11 WIB.



"Kloter 8 berangkat ke Arab Saudi 390 orang, dan kembali sore ini dengan jumlah yang sama. Tapi, dua jamaah wafat di Makkah," ujar Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh, Rusli di Banda Aceh, Selasa.

Ia menyebut, kedua orang jamaah yang meninggal itu bernama Ishak Azis Ali, berasal Krueng Geukuh, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Sabtu (9/9).

Lalu atas nama Sapiah Ali Basyah berasal Gampong Rayeuk Jawa, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (15/9), dan keduanya dimakamkan di Sharayya, Mekkah, Arab Saudi.

"Rombongan Kloter 8 ini merupakan jamaah kloter penuh dari Aceh Utara, dan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 23 Agustus tahun ini," tutur dia.

Dia berujar, pada rombongan kloter ini terdapat dua orang jamaah mutasi masuk yang berasal dari Kloter 09 Debarkasi Aceh atas nama Idris bin Tengku Husin, dan Muhammad Adam bin Ibrahim.

"Secara umum kondisi jamaah dalam keadaan stabil, dan terkontrol. Petugas selalu memberi bekal obat-obatan bagi jamaah yang memerlukan perobatan secara rutin," terangnya.

Rusli menambahkan, hingga kini total 24 orang jamaah haji asal Aceh meninggal di Tanah Suci, 22 orang diantaranya wafat di Makkah dan dua orang di Madinah, Arab Saudi.

"Kita tinggal tunggu jamaah Debarkasi Aceh lagi berjumlah 1.557 orang lagi yang tergabung dalam beberapa kloter. Seperti Kloter 9, dijadwalkan besok tiba pukul 19.45 WIB," tegasnya.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun ini telah memberangkatkan 4.463 orang jemaah ke Tanah Suci terdiri 12 kloter, melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kabupaten Aceh Besar.

Ke-4.463 orang itu terdiri 4.347 jamaah asal Aceh, 34 orang tim TPHD dan tim kesehatan haji daerah, 26 jamaah mutasi dari luar provinsi, dan 56 orang petugas kloter.
comments powered by Disqus