Calon Haji Banten Diimbau Segera Lunasi BPIH

Rabu, 05 June 2013   Tags: calon haji, banten, bpih   Views: 222


SERANG--Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten mengimbau calon haji untuk keberangkatan 2013 segera melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). "Kami mengimbau calon haji yang sudah terdaftar di kantor Kementerian Agama untuk tahun 2013 segera melunasi BPIH. Sebab, batas akhirnya hingga 12 Juni 2013," kata Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Huzaemi Abidin di Serang, Rabu.
 
Ia mengatakan, bagi calon haji yang tidak melunasi BPIH sampai batas akhir pelunasan yang telah ditetapkan, maka kuotanya nanti akan dialihkan untuk calon haji lanjut usia yang berumur diatas 83 tahun. "Sekarang tidak ada kesempatan pelunasan untuk tahap berikutnya seperti tahun sebelumnya. Jadi kalau tidak melunasi, kuotanya dikembalikan ke pusat," kata Huzaemi Abidin.
 
Menurutnya, hingga Rabu (6/6) siang, jumlah calon haji di Provinsi Banten yang sudah melunasi BPIH sebanyak 7.305 orang dari kuota untuk tahun 2013 sebanyak 8.451 orang. Dengan demikian, kata dia, ada sekitar 1.236 orang calon haji Provinsi Banten yang belum melunasi BPIH. "Sampai saat ini belum ada ketentuan lain sehingga waktu pelunasan BPIH masih tetap sampai 12 Juni 2013," katanya.
 
Menurutnya, jadwal pelunasan BPIH 2013 berbeda dengan tahun sebelumnya karena waktunya hanya satu kali pelunasan, yakni mulai 22 Mei sampai 12 Juni. Jika hingga batas waktu yang telah ditentukan tersebut calon haji tidak ada yang melunasi atau kuotanya tidak terisi, maka akan dialihkan untuk calon haji lanjut usia. "Jika melihat pengalaman tahun sebelumnya, biasanya ada sekitar 300 sampai 400 orang yang tidak melunasi BPIH setiap tahunnya," kata Huzaemi.
 
Ia mengatakan, setelah dialihkan untuk lansia mulai 18 sampai 26 Juni masih ada sisa kuota, maka sisanya akan dikembalikan ke pusat. Kuota tersebut akan diisi untuk pendamping tambahan atau pendamping keluarga dari calon haji yang lanjut usia dengan menunjukan kartu keluarga.
"Calon haji lanjut usia yang nanti akan mengisi kuota tambahan tersebut adalah mereka yang mendaftar hingga 7 Januari 2013, yang mendaftar setelah itu, tidak bisa masuk untuk mengisi kuota tambahan tahun ini," katanya.
 
Ia mengatakan bagi calon haji yang sudah melunasi BPIH di bank-bank yang sudah ditunjuk pemerintah, selanjutnya calon haji melapor ke Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota masing-masing untuk pengurusan administrasi dan pembagian kelompok terbang (kloter).
 
Menurut dia, pihaknya juga berharap bagi calon haji yang belum memliki paspor untuk segera mengurusnya di Kantor Imigrasi di daerahnya masing-masing. "Sebab, paspor haji tersebut harus sudah diserahkan ke Kanwil Kemenag paling lambat akhir Juni 2013," katanya.
comments powered by Disqus