BPIH tak Dilunasi Bakal Dialihkan Untuk Kuota Lanjut Usia

Rabu, 29 May 2013   Tags: bpih, kuota, lanjut usia   Views: 347


AMBON--Jemaah Calon Haji (JCH) yang tidak melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) hingga batas waktu yang ditentukan maka jatahnya akan dialihkan untuk kuota lanjut usia (lansia).
 
"Sesuai ketentuan JCH yang tidak melunasi BPIH hingga batas waktu, maka jatahnya akan dikembalikan ke Kementerian Agama dan kemudian akan diisi lansia minimal 83 tahun," kata Kasie Urusan Agama Islam (Urais) dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon Ismael Kaliki di Ambon, Selasa.
 
Karena itu, lanjutnya, 307 JCH Kota Ambon yang masuk dalam daftar tahun haji 2013 sudah dihubungi untuk segera melakukan pelunasan BPIH, kecuali ada beberapa jemaah yang memang sudah mengajukan penundaan dan kuota mereka telah diserahkan ke Kemenag.
 
Dia menegaskan, pelunasan BPIH tahun 2013 hanya satu kali saja, berbeda dari tahun 2012 di mana masing-masing JCH dapat melunasinya sebanyak lima kali.
 
Ismael menjelaskan, pelunasan BPIH tahun 2012 di mulai dari setoran awal dilanjutkan tahap kedua, sedangkan sisa JCH yang belum melunasi menjadi tanggung jawab Kementerian Agama Provinsi untuk menggantinya dengan nomor urut jemaah lain yang masuk daftar tunggu.
 
"Tapi tahun ini mekanismenya berubah dan pembayaran BPIH hanya dilakukan sekali saja yakni 22 Mei hingga 12 Juni 2013, sehingga yang tidak melunasi hingga batas waktu yang ditentukan, maka kuotanya akan diambil alih Kemenag, dan kemudian digantikan oleh jemaah lansia," ujarnya.
 
Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2013 sebesar 3.807 dolar AS dan hanya dikalikan dengan kurs yang berlaku pada saat mereka melakukan penyetoran.
 
Sedangkan batasan pelunasan BPIH bagi jemaah lansia dihitung sejak penyetoran awal pada 7 Januari 2013. "Jadi jemaah lansia yang mendaftar setelah 7 Januari 2013 tidak termasuk dalam daftar jemaah yang berhak melunasi BPIH tahun 2013," katanya.
 
Pihaknya tambah Ismael Kaliki telah menginfentasasi jemaah lansia dengan batas usia 87 tahun dan datanya sudah diserahkan ke Kanwil Kemenag Maluku sebagai daftar tunggu sisa kuota jemaah yang tidak melunasi BPIH untuk mengisinya.
 
Pelaksanaan manasik haji untuk Kota Ambon akan berlangsung lima kali mulai dari 15 - 18 Agustus 2013, dan lokasinya belum ditentukan Kankemenag Ambon.
comments powered by Disqus