6.422 Calon Haji Banten Lunasi BPIH

Sabtu, 01 June 2013   Tags: calon haji, banten, bpih   Views: 288


SERANG--Sebanyak 6.422 calon haji reguler asal Provinsi Banten sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2013 sebesar sebesar 3.522 dolar AS.
 
Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Huzaemi Abidin di Serang, Sabtu, mengatakan sejak dibukanya waktu pelunasan BPIH pada 22 Mei 2103, dari 8.541 calon haji yang sudah mendaftar untuk musim haji 2013, sebanyak 6.422 orang sudah melunasi BPIH. "Lebih kurang 70 persen dari kuota tahun ini untuk haji reguler di Provinsi Banten sebanyak 8.541, sudah melunasi BPIH," kata Huzaemi Abidin.
 
Ia mengatakan hingga Jumat (31/5) sebanyak 6.422 calon ha?i Provinsi Banten di delapan kabupaten/kota sudah melunasi BPIH. Proses pembayaran BPIH tersebut sudah dibuka sejak 22 Mei 2013 batas akhirnya sampai 12 Juni 2013. Sehingga, masih ada sekitar 2.119 calon haji di Banten yang belum melunasi BPIH untuk musim ha?i 2013. "Sampai saat ini belum ada ketentuan lain sehingga waktu pelunasan BPIH masih tetap sampai 12 Juni 2013. Kami juga belum menerima informasi untuk kuota tambahan bagi Banten,' katanya.
 
Menurutnya, jadwal pelunasan BPIH Tahun 2013 berbeda dengan tahun sebelumnya karena waktunya hanya satu kali pelunasan, yakni mulai 22 Mei sampai 12 Juni. Jika hingga batas waktu yang telah ditentukan tersebut, calon haji tidak ada yang melunasi atau kuotanya tidak terisi, maka akan dialihkan untuk calon haji lanjut usia yakni usia di atas 83 tahun.
 
"Setelah dialihkan untuk lansia mulai 18 sampai 26 Juni masih ada sisa kuota, maka sisanya akan dikembalikan ke pusat. Mekanisme pembagian sisa kuota itu diserahkan kembali ke Kementerian Agama," kata Huzaemi Abidin.
 
Zemi mengatakan bagi calon haji yang sudah melunasi BPIH di bank-bank yang sudah ditunjuk pemerintah, selanjutnya calon haji melapor ke Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota masing-masing untuk pengurusan administrasi dan pembagian kloter. "Tiga hari setelah pelunasan segera melapor ke Kemenag di daerahnya masing-masing," katanya.
 
Pihaknya juga berharap bagi calon haji yang belum memliki paspor untuk segera mengurus pembuatan paspor di Kantor Imigrasi di daerahnya masing-masing. Sebab, paspor haji tersebut harus sudah diserahkan ke Kanwil Kemenag paling lambat akhir Juni 2013. "Kami juga menekankan bagi calon haji yang belum membuat paspor untuk segera mengurusnya ke kantor imigrasi setempat. Begitu juga persyaratan lainnya untuk segera dilengkapi," kata Huzaemi Abidin.
comments powered by Disqus